Kemenpora Jalankan Misi Penyelamatan Budaya Olahraga Tradisional Lewat POTRADNAS IX 2023

By Mochamad Hary Prasetya - Selasa, 13 Juni 2023 | 21:04 WIB
Menpora Dito Ariotedjo saat membuka acara Potradnas 2023 (Kemenpora)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo tak bergeming dari tempat duduk meski panas matahari begitu menyengat saat berada di Panggung Lapangan Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), Selasa (13/6/2023).

Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju ini begitu menikmati penampilan 15 pelajar SDN 1 Cigaduk, Kabupaten Kuningan yang menyajikan berbagai permainan tradisional pada acara pembukaan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS).

Turnamen ini diikuti oleh ratusan anak muda dari seluruh Indonesia itu.

Memang belum mencapai puluhan ribu penonton yang menyaksikan event tersebut.

Perlu diketahui, turnamen ini diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah kendali Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga pimpinan Raden Isnanta tersebut.

Dito menyebut POTRADNAS ini sebagai misi penyelamatan budaya Indonesia dari pengaruh budaya asing efek dari era digitalisasi.

"Memang antusias masyarakat belum mencapai puluhan ribu menyaksikan atau mengikuti PODTRADNAS IX tahun 2023 di Kuningan, Jawa Barat ini."

Baca Juga: Jordi Amat Akui Masih Cedera, Ragu Tampil Saat Timnas Indonesia Vs Palestina

"Tetapi, kita telah menjalankan misi penyelamatan budaya Indonesia dari pengaruh budaya asing efek dari era digitalisasi dengan anak-anak muda tetap tertarik bergabung di jalur olahraga tradisional," kata Dito usai membuka perhelatan tersebut.

"Olahraga tradisional itu terbentuk dari sejarah dan budaya yang merupakan cikal bakal nilai fiosofi ke-Indonesiaan dan Nusantara."