Bos Aprilia Nilai Terlalu Berlebihan jika Terapkan Teknologi F1 pada MotoGP

By Wawan Saputra - Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:15 WIB
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro pada sesi tes resmi di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Selasa (8/11/2022) (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Direkur Teknik Aprilia di MotoGP, Romano Albesiano merasa berlebihan jika motor MotoGP terapkan sistem aerodinamika yang dimiliki mobil Formula 1.

Dalam beberapa tahun terakhir, perlombaan balap motor terbaik di dunia yaitu MotoGP terus mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Para pabrikan yang bertarung di MotoGP, berlomba-lomba untuk menciptakan motor yang memiliki kecepatan dan menjadi juara.

Pabrikan tak segan menggelontorkan dana besar guna melakukan riset untuk mengembangkan motor, baik dari segi mesin maupun aerodinamika dan perangkat pendukung lainnya.

Terbaru ada beberapa pabrikan yang telah merekrut mantan mekanik dari Formula 1, untuk mengembangkan sistem aerodinamika yang terbaik pada motor-motor mereka.

Aerodinamika saat ini jadi salah satu bagian penting bagi motor para pembalap MotoGP, pasalnya dengan paket aerodinamika yang baik bisa meningkatkan kecepatan motor.

Ducati menjadi salah satu pabrikan yang gencar dalam mengembangkan paket aerodinamika untuk motor mereka.

Yamaha yang tahun ini harus puas menjadi runner-up juara dunia, juga mengambil langkah yang cukup berani.

Mereka mendatangkan Luca Marmorini yang merupakan mantan teknisi Formula 1 di Ferrari dan Toyota.