5 Fakta MotoGP Catalunya 2023 - Pesta Aprilia, Kecelakaan Tak Wajar Bagnaia, dan Akhir Tren Gemilang Geng VR46

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 4 September 2023 | 07:00 WIB
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro (tengah) dan Maverick Vinale (kiri), merayakan podium 1-2 usai balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Montmelo, Spanyol, 3 September 2023. Jorge Martin dari tim Prima Pramac (kanan) melengkapi podium usai finis ketiga. (LLUIS GENE/AFP)

BOLASPORT.COM - Berbagai fakta menarik hadir dari balapan seri ke-11 MotoGP Catalunya. Ada kebahagiaan dan kesedihan yang dirasakan kontestan yang berlomba.

Balapan penuh drama tersaji pada MotoGP Catalunya yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Montmelo, Spanyol, Minggu (3/9/2023).

Perasaan penonton bak diobok-obok karena berbagai peristiwa dengan rasa berbeda yang terjadi sepanjang balapan yang sempat dihentikan.

Apa saja fakta-fakta balapan MotoGP Catalunya? Tak perlu berlama-lama, berikut BolaSport.com merangkum 5 fakta menariknya:

1. Aprilia Berpesta

Pabrikan Noale berpesta setelah mencetak podium 1-2 melalui dua pembalap tim pabrikan mereka yaitu Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Sejak awal akhir pekan Aprilia sudah dijagokan karena keunggulan dalam traksi membuat mereka mendominasi di Catalunya yang memuat tikungan-tikungan panjang.

Vinales tak butuh waktu lama untuk merebut posisi pertama dari Jorge Martin (Prima Pramac). Dengan cepat Top Gun menciptakan jarak dengan pembalap di belakangnya.

Dalam satu kesempatan bahkan tiga posisi terdepan diisi pembalap motor Aprilia RS-GP yaitu Vinales, Espargaro, dan Miguel Oliveira dari tim satelit CryptoDATA RNF.

Espargaro akhirnya menjadi pemenang. Dia menyalip Vinales untuk membayar blunder fatal yang membuatnya gagal podium untuk pertama kalinya di kandang.