Pentingnya Membaca Ruang dalam Arena ONE Championship di Mata Atlet Indonesia

By Septian Tambunan - Jumat, 8 November 2019 | 11:20 WIB
Atlet ONE Championship asal Indonesia, Rudy Agustian (atas). (ONE CHAMPIONSHIP)

BOLASPORT.COM - Ring atau arena pertandingan adalah lokasi khusus dan sakral bagi setiap atlet kombat karena di tempat itu mereka saling menguji kemampuan maupun sportivitas demi meraih prestasi yang lebih tinggi.

Air mata, keringat, dan darah tertumpah di atas ring sebagai saksi perjuangan setiap atlet.

Dalam perjalanan sejarah, ring yang digunakan oleh seni bela diri campuran atau mixed martial arts pun mengalami evolusi hingga mencapai beberapa format atau bentuk seperti yang kita kenal sekarang.

Baca Juga: Tendang Bola di Garis Gawang, Aaron Ramsey Dituding Curi Gol Cristiano Ronaldo

Namun, semua perubahan itu tidak mengubah faktor penting penguasaan ring bagi seorang atlet yang bertanding.

Atlet ONE Championship asal Indonesia, Rudy "The Golden Boy" Agustian, berbagi referensi, pengalaman, dan pandangan tentang ring arena tanding serta betapa pentingnya ring control atau penguasaan ring saat berlaga.

Rudy mengungkapkan bahwa kemampuan menempatkan posisi dalam ring akan bermanfaat dalam memojokkan lawan atau sebaliknya, menghindari tekanan yang lawan lancarkan.

Insting dalam membaca ruang di atas ring juga menjadi faktor penting pada sebuah laga, selain tentunya teknik melayangkan serangan.

Rudy mengatakan bahwa bentuk dan dimensi ring yang berbeda memberikan sebuah tantangan tersendiri bagi atlet yang mengharuskan mereka untuk beradaptasi.